SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-11-2019
  • 2 minggu yang lalu / sedang berlangsung UTS (Ujian Tengah Semester) Mahasiswa STAINU (Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama) Pacitan.
  • 2 minggu yang lalu / Jurusan Pendidikan Agama Islam, jurusan Manajemen Pendidikan Islam dan Jurusan Ekonomi Syari’ah, KKN dilaksanakan pada tanggal 4 November s.d 4 Desember 2019.
Fasilitasi Pendirian Koperasi di Perguruan Tinggi

Hari Sabtu tanggal 29 Juni 2019 telah terbentuk koperasi di perguruan tinggi yang pertama di Pacitan, yaitu dikampus STAINU Pacitan. Dengan nama Koperasi Konsumen  Mitra Tujjar Mandiri. Pembentukan koperasi di perguruan tinggi ini di fasilitasi oleh dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pacitan.

 Koperasi di Perguruan tinggi dianggap berperan penting dalam menghidupkan ekosistem koperasi agar lebih kondusif melalui penciptaan inovasi baru dan dinamisasi. 

 Manfaat koperasi bagi non anggota antara lain mempermudah pihak kampus mendapatkan barang-barang yang diperlukan selama berada di lingkungan kampus, tanpa perlu jauh-jauh keluar kampus karena barang yang mereka butuhkan telah tersedia dikoperasi.

Sedangkan peranan koperasi bagi anggotanya antara lain, anggota dapat belajar tentang banyak hal di koperasi, bagaimana cara berorganisasi, memahami dunia SDM/ HRD, prosedur pencatatan akuntansi dan manajemen keuangan, manajemen usaha, administrasi, kepemimpinan/ manajerial, komunikasi, bagaimana bekerjasama dengan orang lain, membangun jaringan dan masih banyak hal lain yang dapat dipelajari dikoperasi. Anggota juga dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh di bangku kuliah dengan berkoperasi. Koperasi berbeda dengan organisasi-organisasi lain yang ada di kampus. Koperasi lebih bersifat riil dan aplikatif, semua hal yang dijalankan ada hasil dan bukti secara nyata.

Tujuan utama dari koperasi adalah mensejahterakan anggotanya, bukan meraup keuntungan yang sebesar-besarnya. Jika demikian yang terjadi, maka hal inilah yang dinamakan “Koperasi yang di Kapitalisasi”. Dalam berkoperasi,  seharusnya tidak ada orang yang mempunyai kepentingan pribadi dikoperasi. Anggota saling bekerjasama, bergotong-royong untuk memajukan koperasi tentunya sesuai dengan job description masing-masing anggota dari kerjasama inilah yang nantinya akan memunculkan rasa memiliki terhadap koperasi dan rasa kekeluargaan yang semakin erat ibarat “buih dan lautan” yang tak terpisahkan.

Dalam berorganisasi pasti akan muncul suatu konflik. Dan itu adalah hal yang  wajar, karena pemikiran setiap orang tentunya berbeda-beda. Disinilah lahan kita untuk belajar bagaimana mengelola suatu konflik. Bagaimana agar konflik tersebut menjadi membangun, bukan merusa, tentunya dengan mengambil keputusan yang adil dan bijaksana, berfikir dewasa, tidak egois, dan mau menerima hasil keputusan bersama dengan lapang dada. Meletakkan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi. 11/09/19.

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Data Kampus

STAI Nahdlatul Ulama PACITAN

NSPTKI : 347446868

Krajan, Pucangsewu
KEC. Pacitan
KAB. Pacitan
PROV. Jawa Timur
KODE POS 63511
TELEPON 0357885635
FAX 0723-1234567
EMAIL stainupa_106@yahoo.co.id